Kamis, 20 November 2014

Seperti ilmu padi, semakin berisi, semakin merunduk

Peribahasa ini memiliki arti apabila semakin tinggi ilmu seseorang maka, harus rendah hati sikapnya. Manusia umumnya bersikap sombong dan angkuh. Semakin dia berkuasa, punya derajat tinggi, berilmu, maka dia akan menyombongkan diri. Hal ini disebabkan tidak adanya sikap yang mengimbangi dari sesuatu yang tinggi tersebut. Akhirnya ketamakan dan kerakusan yang menguasai orang tersebut.

Seperti musim sekarang ini, sedang musim tanam padi. Maka motivasi ini mungkin bisa menjadi hal yang mendorong kita untuk menjadi lebih baik dengan mengambil pelajaran dari tanaman yang menjadi bahan pokok makanan kita. Dari awal tanam, dia hanya beberapa lembar yang ditanam. Setelah mendapat air dan pemupukan yang baik maka akan tumbuh menjadi tanaman padi yang subur.

Yang tadinya hanya beberapa lembar, kini telah rimbun. Pertumbuhan yang baik akan menghasilkan panen yang memuaskan juga. Jika hanya sebatang padi, maka dia akan lemah. Mudah untuk dipatahkan, dirusak, dan dicabut. Tetapi jika bergerombol, bersatu menjadi satu kesatuan, maka akan tercipta kekuatan yang diluar dugaan.

Yang menarik lagi adalah ketika berbuah maka dia akan semakin merunduk seiring waktu. Semakin menguning daun dan tangkainya, semakin merunduk pula dia. Semakin rentan untuk roboh ketika ada tiupan angin. Memang benar apabika semakin berisi, maka semakin merunduk, semakin berilmu, maka semakin rendah hati lagi.

Tapi ingat kalau kuta seperti padi ( menyerapkan pepatah ini tanpa filter) pasti kita juga senasib seperti padi. Ketika sudah merunduk dan siap panen, si padi akan berakhir diujung belati, alias dipotong. Kita jangan seperti itu, semakin tinggi ilmu maka rendah hati dab semakin kuat menerima ujian dan cobaan yang ada. Karena pepatah ini berhubungan dengan "Semakin tinggi pohon, maka semakin besar angin bertiup". Walaupun ilmunya tinggi, tetapi iman dan jiwa tidak menyikapi dengan baik, maka kita akan diombang ambingkan angin.

Dari kisah padi juga, ketika padi sudah menguning, pasti burung pipit akan datang untuk memakan padinya. Apa artinya? Ketika kita menguasai suatu ilmu dengan benar-benar maka rejeki akan datang dengan sendirinya tanpa disangka. Karena mereka membutuhkan. Dalam kehidupan nyata, orang yang mempunyai keterampilan akan dicaru oleh banyak orang.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar & ikuti bloggerku ya