Senin, 06 Maret 2017

Pemanfaatan, dan Pemakai Basis Data serta Jenis Media Penyimpanan

Catatan Tugas ke-1 Desain Basis Data (Institut Bisnis dan Informatika Surabaya)

A.    Pemanfaatan Basis Data

Basis Data (Database), merupakan kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file lain sehingga membentuk suatu bangunan data. Suatu basis data dapat memiliki beberapa sub basis data. Setiap basis data dapat berisi data seperti file dan tabel database.
Suatu basis data dapat disimpan, diubah, dan diambil kembali dengan suatu pengolahan. Namun pengolahan basis data tidak dapat dilakukan secara langsung oleh seorang user (pengguna database), akan tetapi ditangani oleh suatu aplikasi yang disebut DBMS (Database Management System).
Tujuan utama dalam pengolahan data dalam sebuah basis data adalah agar user dapat memperoleh data yang dicari dengan mudah dan cepat. Pemanfaatan Basis Data memungkinkan user untuk dapat menyimpan data atau melakukan perubahan ( manipulasi ) dan menampilkan kembali data tersebut dengan cepat dan mudah, dari pada user menyimpan data secara manual. Dengan basis data penggunaan ruang penyimpanan data dapat dilakukan karena user dapat melakukan penekanan jumlah pengulangan data dengan menerapkan sejumlah pengkodean. Pemanfatan pengkodean atau pembentukan relasi antar data dengan penerapan aturan atau batasan tipe data dapat diterapkan dalam basis data yang berguna untuk menentukan ketidakakuratan pemasukan atau penyimpanan.
Dalam sejumlah aplikasi pengelolah basis data tidak menerapkan aspek keamanan dalam penggunaan basis data. Tetapi untuk sistem yang besar dan serius, aspek keamanan juga dapat diterapkan. Dengan begitu user dapat menentukan siapa yang boleh menggunakan basis data tersebut dan menentukan jenis operasi-operasi apa saja yang boleh dilakukan.
Apabila ada perubahan data pada aplikasi yang berbeda maka secara otomatis perubahan itu berlaku untuk keseluruhan Data dapat dipakai secara bersama-sama oleh beberapa aplikasi (secara batch maupun on-line) pada saat bersamaan. Dengan adanya pengontrolan yang terpusat maka DBA dapat menerapkan standarisasi data yang disimpan sehingga memudahkan pemakaian, pengiriman maupun pertukaran data.



B.     Pemakai Basis Data

Dalam penggunaannya, pemakai basis data antara lain adalah
1.      System Enginer, seorang yang bertanggung jawab atas instalasi sistem basis data, dan melakukan update, serta melaporkan kesalahan sistem dari tersebut kepada pihak penjual.
2.      Database Administrator (DBA), seorang yang mempunyai akses control sistem basis data secara menyeluruh, memprediksi kebutuhan basis data, merencanakanya dan mengaturnya.
3.      End User, seorang pemakai sistem basis data yang menggunakan basis data sebagai tempat menyimpan, memanggil, dan mengedit data dengan bantuan software permanen



C.    Jenis-jenis Media Penyimpanan Data

Media Penyimpanan Data adalah alat penyimpan data yang berfungsi sebagai alat / media untuk menyimpan data dan program dimana data / program yang disimpan tersebut bisa dibaca dan dibuka kembali untuk diproses kembali di komputer atau laptop. Media Penyimpanan Komputer tersebut mempunyai berbagai macam media nya, tetapi dalam komputer alat penyimpanan komputer tersebut hanya mempunyai 3 kategori media penyimpanan data saja yaitu sebagai berikut :
  1. Media Penyimpanan Magnetik (Magnetik Storage Media)
Media Penyimpanan Magnetik merupakan media penyimpanan yang termasuk ke dalam penyimpanan sekuder (secondary storage) yang paling banyak dipakai pada sistem komputer modern.
Contoh: Hardisk, Disket, Flasdisk, Memory Card, Zip Drive
  1. Media Penyimpanan Optical (Optical Disk)
Media Penyimpanan optical adalah media yang menyimpan data komputer yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan laser bertenaga rendah.
Contoh: CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD-RW.
  1. Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage)
Penyimpanan Awan merupakan media yang masih tergolong baru, media ini bersifat online dan tidak menggunakan kapasitas data memori pada perangkat karena mereka menggunakan penyimpanan yang terdapat pada Internet.

Contoh: Google Drive, kumpulbagi, usercloud
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar & ikuti bloggerku ya