Senin, 06 Maret 2017

Contoh kasus Organisasi yang menerapkan Basis Data

Catatan Tugas ke-2 Desain Basis Data (Institut Bisnis dan Informatika Surabaya)

A.    Organisasi Yang Menerapkan Basis Data

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. Perusahaan ini dirintis sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) untuk mengurusi jaringan kurir internasional.

Bermula dengan delapan orang dan kapital 100 juta rupiah, JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.


B. Cara Pengelolaannya

PERANCANGAN PROSES
1. Sistem dapat melakukan pendataan user, paket, kota, dan transaksi.
2. Sistem dapat menampilkan laporan data paket, kota dan transaksi. Pada laporan transaksi dibagi menjadi laporan parameter kota, laporan parameter jenis barang dan cetak kwitansi untuk pengirim dan penerima.
3. Admin dapat mengakses data user, paket, kota, dan transaksi.
4. Operator dapat mengakses data transaksi.
5. Hak akses admin dan operator meliputi tambah, edit, hapus, caridata dan lihat laporan.

Dari gambaran proses diatas dapat diketahui kesatuan luar, data masukan dan data keluaran dari sistem informasi pengiriman paket dan dokumen pada PT. TIKI - JNE Tingkat Operasional antara lain:

1. Kesatuan Luar
a. Admin adalah pemilik PT. TIKI - JNE Tingkat Operasional yang memiliki hak akses paling luas. Meliputi hak akses user, paket, kota dan transaksi.
b. Operator adalah operator PT. TIKI - JNE Tingkat Operasional yang memiliki hak akses untuk mengelola data transaksi.

2. Data Masukan
Data masukan meliputi data user, paket, kota, dan transaksi.

3. Data Keluaran
Data keluaran meliputi laporan paket, kota dan transaksi.


FLOWCHART SISTEM

RELATIONSHIP TABEL TIKI – JNE Tingkat Operasional
FORM LOGIN
Form login adalah tampilan awal yang Form Login adalah tampilan awal yang akan muncul jika kita menjalankan program. Disini ada 2 pengguna. Yaitu admin dan operator. Admin adalah pemilik PT. TIKI - JNE Tingkat Operasional. Sedangkan operator adalah pegawai Tiki Gerai 10 Yogyakarta. Jika admin memasukkan login maka akan masuk data yang bisa diakses admin. Sedangkan jika operator login maka akan masuk data yang akandiakses operator.

FORM HALAMAN HOME
Form Halaman Home adalah halaman yang akan muncul saat kita sudah melakukan login. Ketika yang login admin maka akan masuk data yang bisa diakses admin. Sedangkan jika yang login operator maka akan masuk data yang diakses operator. Perbedaan admin dan operator disini admin bisa mengakses data user, paket, kota dan transaksi. Sedangkan jika operator login maka langsung mengakses data transaksi.

IMPLEMENTASI SISTEM

Implementasi sistem informasi pengiriman paket dan dokumen ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar & ikuti bloggerku ya