Kamis, 13 November 2014

Ngelmu

Ilmu adalah bukti pengolahan otak manusia yang berdasarkan bukti ilmiah. Sedangkan Ngelmu sendiri dalam bahasa Jawa disebut sebagai istilah dalam khasanah budaya. Istilah ini sulit dikatakan sejajar ataupun tidak sejajar dengan ilmu. Ngelmu merupakan konsep pemikiran Jawa deles (Asli). Didalamnya terdapat hal-hal yang tradisional dan mungkin irrasional.
Ngelmu tidak harus diterima melalui akal. Sebagian besar Ngelmu diturunkan(diterimakan) melalui rasa. Dalam konteks masyarakat Jawa, ilmu dipandang sebagai “Knowledge”. Sedangkan Ngelmu sebagai “Gnosis”, yaitu bentuk spiritual yang tidak saja mengandalkan intelektual, tetapi intuitif.
Jika ilmu didasari akal, maka Ngelmu didasari pada seluruh organ tubuh. Namun demikan, tidak berarti bahwa Ngelmu itu tanpa akal dan tidak ada yang rasional. Ngelmu pun tetap ada yang menggambarkan nalar yang jelas dan tranparan. Memang telah disadari oleh masyarakat Jawa bahwa Ngelmu mengandung sesuatu arti ajaran rahasia untuk pegangan hidup.
Ngelmu biasanya dicapai melalui laku batin(rohani). Jalan batin ini, dalam tasamuf sering disebut Tarekat. Tarekat dalam spiritual Jawa dikenal sebagai bagian dari mistik kejawen. Paradigma Ngelmu dalam mistik kejawen sering dirumusan dalam pengetahuan Jawadhosok yaitu Ngelmu diartikan “Angel olehe ketemu”.
Mangkunegara IV dalam menurut serat Wedhatana, menggambarkan “Ngelmu itu kelakone kanthi laku”. Maksudnya, perwujudan atau bentuk mendapatkan suatu Ngelmu dijalankan upaya batin. Upaya tersebut dilakukan melalui penghayatan rasa yang sifatnya Suprarasional dan atau intuitif. Dalam hal-hal tertentu Ngelmu justru diperoleh melalui indra keenam manusia.
Ngelmu dalam mistik kejawen memang sangat sakral dan penuh liku-liku batin. Kendati demikian, tidak berarti Ngelmu semacam ini sulit atau tidak bisa dipelajari. Biasanya manusia Jawa yang telah menekuni Ngelmu ini disebut dalam mengahayati Ngemu tua  atau kesempurnaan hidup. Melalui penghayatan mmendapatkan “Temuan” tentang sadar diri dan mengerti apa yang terjadi.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar & ikuti bloggerku ya